Tuesday, November 24, 2015

Tips Memprostek Dengan Mesin Serkel

Tips Memprostek Dengan Mesin Serkel

Tips Memprostek Dengan Mesin Serkel,-  Tips memprostek dengan mesin serkel. Pada kesempatan kali ini saya akan memposting tentang cara memprostek kayu dengan mesin gergaji serkel. Di dalam dunia pertukangan mebel, tehnik memprostek itu adalah poin terpenting dalam pekerjaan mebel. Contoh seperti membuat kusen atau pintu itu selalu menggunakan prostekan. Arti dari pada prostek itu adalah memotong kayu dengan posisi miring sehingga menghasilkan potongan kayu yang berbentuk sudut dan bila potongan kayu itu di padukan maka akan menghasilkan pertemuan yang "siku".

Tips Memprostek Dengan Mesin Serkel
Foto ketika memprostek pembuatan kusen rumah.

Sekarang sudah gak jamannya lagi memotong atau memprostek kayu dengan menggunakan gergaji manual biasa, udah gitu mudah cepat capek lagi. Meskipun begitu juga perlu di waspadai jika ketika menggunakan mesin serkel itu kita harus fokus. Jika terjadi kesalahan sedikit saja dalam menggunakannya, maka akan bisa mengakibatkan kecelakaan kerja yang cukup fatal.

Berikut cara Memprostek Dengan Mesin Serkel yang aman. 


  • Pertama jika akan memotong atau membelah kayu, katakanlah kayu papan, itu pertama mesin serkel harus nyalakan dulu, jika  mata gergaji sudah berputar baru kemudian belah kayu dengan perlahan serta fokus.
  • Biasanya dalam pembuatan kusen, pintu, atau cendela itu pasti menggunakan tehnik ini.
Seperti contoh video di bawah ini "cara memprostek dengan mesin serkel"  dalam pembuatan daun pintu.





Untuk memotong atau membelah kayu jangan sampai mesin serkel di tarik ke belakang dengan keadaan mesin berputar. Hal semacam ini bisa menimbulkan slip pada mata gergaji dan biasa dalam bahasa jawanya "nggobek" ke belakang. Dan akibatnya kayu akan terpelanting. 


  • Maka berhati hatilah dalam menggunakannya.
  • Tapi jika sudah menguasai cara menggunakan mesin serkel, Maka sudah biasa dan nyaman nyaman saja.
  • Untuk cara memprostek dengan mesin serkel yang benar. Coretan garis pensil pada kayu itu jangan sampai hilang, Agar supaya ketika kayu di padukan itu tidak mengalami kerenggangan.


Demikian sedikit tips cara memprostek kayu dengan mesin serkel dari saya. Beserta dengan cara menggunakan mesin serkel dengan aman. Semoga tips ini bisa bermanfaat untuk anda.

Nb; Di sini kami juga melayani pesanan meubel seperti, Kusen,pintu,cendela berbagai model, Untuk cara memesan bisa langsung hubungi kami di kontak yang sudah tersedia. Atau mungkin juga bisa langsung datang di lokasi galangan meubel kami. Terima kasih.

Artikel Terkait

Tips Memprostek Dengan Mesin Serkel
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email