Wednesday, March 2, 2016

Cara Cepat Membuat Pintu Triplek

Cara Cepat Membuat Pintu Triplek

Cara Cepat Membuat Pintu Triplek,- Pada kesempatan kali ini saya akan memberi tips atau berbagi pengalaman untuk cara "membuat pintu triplek dengan cepat"  untuk membuat pintu triplek itu biasanya tukang kayu membuatnya dengan sistim memakai purusan, untuk merangkai pintunya. Memang itu adalah tehnik yang benar. Tapi teknik berikut ini juga gak kalah kuatnya dengan tehnik memakai purusan. Bahkan cukup jauh lebih cepat dari pada memaki tehnik purusan. Biasanya dalam membuat pintu triplek itu di perusahaan proyek perumahan, dan rata-rata itu menggunakan pintu triplek. Maka saya akan memberi solusi cara cepat membuat pintu triplek.

Cara Cepat Membuat Pintu Triplek
infomebelterbarublogspot.com

Berikut Cara Cepat Membuat Pintu Triplek :

  1. Pertama bahan-bahan kayu itu harus sudah berbentuk potongan yang berukuran 3x5. Kemudian bahan kayu tadi kita potong sesuai ukuran pintunya. Misalnya ketinggian pintunya 200cm. Maka kita potong kayu-kayu tadi dengan ukuran 200cm.
  2. Sementara untuk lebarnya pintu itu nanti saja. Untuk pembuatan pintu itu bisa langsung membuatnya dengan banyak. Misalnya membuat pintu triplek yang berjumlah 10 biji. Anda bisa membuatnya dengan sekaligus.
  3. Setelah kayu yang untuk buat slimar 3x5 tadi sudah anda potong-potong sesuai ukuran. Maka selanjutnya serut kayu dengan mesin pasah. Untuk penyerutan di sarankan hanya di bagian ketebalan kayu dan sisi luarnya saja.  
  4. Untuk menyamakan ketebalan kayu gunakan plusut agar lebih pas, setelah itu jika semua bahan slimar sudah selesai di serut. Maka Tahap berikutnya merangkai kerangka pintu. 
  5. Di poin inilah cara cepat membuat pintu triplek. Yaitu gunakan  mal atau cetakan dari kayu yang di rangkai sesuai ukuran pintu.


Cara Cepat Membuat Pintu Triplek
foto rangka pintu triplek tanpa menggunakan MAL/cetakan


Cara membuat cetakan atau malnya.

  1. Ambil kayu yang berukuran agak tebal kira kira 4x12 panjang 2 meter dua biji.
  2. kemudian ambil kayu yang berukuran 3x8 panjang sesuaikan dengan lebar pintu yang akan kita buat 4 biji. 
  3. Miasalnya membuat pintu lebarnya 80 cm. Kemudian paku kayu yang agak tebal tadi dengan ukuran sesuai pintu. 
  4. Intinya kayu itu di rangkai untuk memaku dengan cara sumping pada sunduk pintu, agar kita tidak susah-susah untuk memakunya. 
  5. Maka untuk itu lebih cepat dan mudah memakai cetakan. Karna kita tinggal meletakkan slimar kanan dan kiri di atas cetakan, kemudian kita tinggal mengukur atau menyoret panjangnya sunduk pintu untuk kita potong.
  6. Jika sunduk atas tengah dan bawah itu sudah Anda ukur, maka potong dan letakkan pada slimar kanan dan kiri kemudian paku dengan cara menyumping, jika kita tidak memakai mal bisa saja, tapi sulit kita merangkainya. 
  7. Beda dengan memakai mal, karna kedua slimar itu sudah kita pres dengan cetakan, maka kita tinggal memakunya saja tanpa susah-susah.
  8. Untuk kedua slimar itu yang tengah kita tempeli kayu lagi, agar supaya jika kita nanti memasang konci itu slimarnya tidak putus. Karna kita menggunakan kayu yang berukuran 3x5 jika kita menggunakan slimar 3x12 maka tidak perlu kita menempelinya lagi.
  9. Jika semua rangkai pintu sudah terpaku rapi. Maka kita tinggal menyerutnya atau bahasa tukangnya menyekrap sunduk-sunduk yang kurang rata dengan slimar. 
  10. Karna sunduk-sunduk tadi belum kita ratakan. Yang kita serut hanya slima-slimarnya saja, jika sunduk-sunduk nya di ratakan bersama slimar juga boleh. 
  11. Jika semua rangkai pintu sudah rata semua, lalu sunduk pintu itu lubangi atau gergaji sedikit saja, yang fungsinya untuk memberi ruang hawa udara triplek, sebelum triplek di paku. 
  12. Dan gunakan lem untuk menambah kekuatan pada triplek. Jika tidak di beri ruang udara maka triplek akan bisa melembung.
Untuk Lebih Jelas Bisa Lihat Video di Bawah Ini : 


 
Demikian tips cara cepat membuat pintu triplek. Semoga tips ini bisa berguna dan bermanfaat untuk Anda, khususnya para mas-mas tukang. Di sini saya juga menerima pesanan mebel seperti kusen, pintu, cendela, dipan dan lain sebagainya. Untuk itu bila bapak/ibu berkenan bisa langsung menghubungi Kontak yang sudah saya sediakan. Terima kasih.

Artikel Terkait

Cara Cepat Membuat Pintu Triplek
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

3 comments