Friday, December 25, 2015

Cara Cepat Membuat Daun Pintu Kayu

Cara Cepat Membuat Daun Pintu Kayu.

Cara Cepat Membuat Daun Pintu Kayu  Selamat datang di info mebel terbaru. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang Cara Cepat Membuat Daun Pintu Kayu. Pada dasarnya pembuatan sebuah pintu kayu itu adalah proses pekerjaan tukang kayu, tetapi dalam tehnik cara pengerjaannya sangat berbeda dengan seperti cara membuat perabot. Seperti halnya almari atau meja dan kursi. Pada intinya pembuatan pintu rumah itu berbeda dengan pembuatan perabot mebel. Butuh ahli khusus karna pekerjaannya sedikit agak bisa di bilang harus teliti atau adil. Karna jika kurang adil maka hasilnya bisa muntir, otomatis jika nanti di pasang ke gawang atau ke kusen akan bisa berakibat fatal atau sulit di pasang.
 

Cara Cepat Membuat Daun Pintu Kayu
infomebelterbarublogspot.com

Berikut Cara Cepat Membuat Daun Pintu Kayu :

1. Pilih bahan kayu yang berkualitas bagus seperti tingkat kekuatannya, tipis tebalnya, atau juga gelesnya kayu. Usahakan yang bagus karna pembuatan pintu itu semua harus menggunakan kayu yang berkualitas bagus.

2. Potong atau belah kayu-kayu sesuai kebutuhan ukuran pintunya. Seperti untuk slimar atau juga biasa di sebut Ram dan sunduk-sunduknya bagian atas dan bawah. Biasa pada umumnya pintu itu berukuran 80cm untuk engkel. Jika untuk pintu kupu tarung, itu berukuran lebar 60cm sampai 70cm.

3. Kemudian serut atau ketam bahan-bahan kayu sesuai ukuran pintu dengan menggunakan mesin serut yang tajam. Sekali lagi menggunakan mesin serut yang berpisau tajam. Dan pastinya dengan di siku berulang-ulang di setiap sisi kayu seperti lebar slimar dan ketebalan slimar. Begitu juga pada bagian sunduknya harus siku semua di setiap permukaanya.

4. Jika bahan bahan kayu tadi sudah di serut semua. Maka bisa di mulai dengan mengukur dengan menggunakan meteran. Untuk mengukur itu harus di teliti dengan benar bahkan satu mili pun tidak boleh ketinggalan (harus teliti). Karna pembuatan pintu itu harus menggunakan mili. Disarankan menggunakan pulfoin untuk mencoret garisan atau ukuran agar lebih efektif.

5. Setelah semua sudah di ukur maka berikutnya memprosteknya atau menggergaji dengan sudut horizontal. Di sarankan menggunakan mesin gergaji serkel agar lebih cepat dan efektif. Untuk lebih jelasnya baca di Tips Memprostek Dengan Mesin Serkel. 

Atau lebih jelasnya bisa lihat video di bawah ini.



6. Kemudian setelah semua sudah di prostek maka selanjutnya membuat purusan atau menggergaji di bagian sunduknya. Untuk menggergaji purusan di sarankan di ukur lebih dulu, biasanya menggunakan dengan alat manual "klusut" namanya. Agar lebih rapi dan efektif, karna pembuatan pintu yang solid itu tidak lepas dari cara membuat atau menggergaji purusannya, harus dengan teliti harus pas dan siku dengan lubang pahatan slimarnya.

7. Lalu bobok atau membuat lubang pada slimar. Itu di sarankan menggunakan mesin bobok atau mesin pahat duduk agar lebih sempurna dan cepat. Jika menggunakan alat manual juga boleh tapi membutuhkan waktu yang sangat lama.

8. Jika semua sudah terangkai dengan benar atau rangka pintu itu sudah jadi, maka tahap berikutnya adalah membuat isen papan pintu. Untuk pembuatan pintu itu yang terpenting adalah tiap-tiap sambungan kayu itu harus rapi dan kuat, gunakan lem G asli agar lebih cepat. Untuk cara memanil atau meminimalis isen papan pintu gunakan mesin profil agar lebih mantap. Untuk lebih jelasnya baca di artikel. Tips Mudah Bentuk Panil Daun Pintu Kayu.

9. Setelah itu jika isen sudah siap di pasang maka tinggal mengetrap, sekaligus memaku atau biasa dalam pertukangannya di bor dan di patek menggunakan paku bambu, paku saja juga boleh. Yang pastinya di lem di setiap bagian purusan dengan di pres atau di catok menggunakan alat catok atau pres besi agar lebih mantap. Setelah itu serut atau ratakan dengan di tambah menggunakan mesin amplas gerinda agar lebih halus dan rata.

Demikian tips cara cepat membuat daun pintu kayu. Semoga tips ini bisa berguna dan bermanfaat untuk Anda. Di sini kami juga menerima pesanan berbagai macam kebutuhan mebel Anda, seperti kusen, pintu, cendela almari, dipan dan lain sebagainya. Untuk itu bila Bapak/ibu saudara/i berminat bisa langsung menghubungi klik di Kontak Kami ini. Terima kasih.

Baca Juga : Cara Membuat Papan Dari Sisa Kayu Olahan
                    Cara Mengetahui Lem G Asli / Palsu
                   

Artikel Terkait

Cara Cepat Membuat Daun Pintu Kayu
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

2 comments

January 12, 2018 at 6:30 PM delete

terimakasih gan artikelnya sangat membantu, karena daun pintu kamar mandi saya juga sudah harus di perbaiki, sangat sesuai yang saya cari.

Reply
avatar